Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services)
Vol. 2 No. 2 (2020)

Pendampingan Pembelajaran IPA Bagi Peserta Didik SDN 38 Ampenan Untuk Materi Bunyi, Cahaya, Listrik dan Magnet

Jannatin 'Ardhuha (FKIP Universitas Mataram)
Lalu Rudyat Telly Savalas (FKIP Universitas Mataram)
Nurwahidah Nurwahidah (FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Abstrak:Telah dilakukan kegiatan pendampingan bagi peserta didik kelas VI di SD Negeri 38 Ampenan pada pelajaran IPA, meliputi pemantapan konsep dengan mengulas kembali konsep dasar materi bunyi,cahaya, listrik dan magnet; latihan soal; percobaan mengenai  sifat-sifat  cahaya, rangkaian listrik dan demonstrasi cara membuat magnet. Tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk menambah wawasan dan membantu peserta didik untuk mengkonfirmasi jawaban mereka dalam latihan soal, apakah sesuai dengan hasil percobaan, sehingga pelajaran IPA tidak lagi terfokus pada segala sesuatu yang harus dihapal. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada peserta didik di akhir kegiatan ini, dapat teridentifikasi rasa ingin tahu, rasa ingin mencoba dan rasa senang peserta didik untuk belajar IPA telah tumbuh dan berkembang selama kegiatan ini berlangsung, sehingga besar harapan peserta didik agar kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan. Keywords:IPA, bunyi, cahaya,listrik, magnet, percobaan, demonstrasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (JPMSI) | p-ISSN : 2715-2545, e-ISSN : 2715-2537 |merupakan salah satu jurnal Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains ...