JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah

UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN PEDOSFER KELAS X2 SMA NEGERI 2 KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

oktavia, widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa pada materi dinamika litosfer dan pedosfer dengan menggunakan metode JIGSAW  dikelas X IPS SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas  X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota  dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model JIGSAW dapat meningkatkan pemahaman konsep geografi  siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pemahaman awal sebelum tindakan sebesar 73,35, meningkat sebanyak 4,79%, sehingga rata-ratanya menjadi 77,04 pada siklus I. Dari siklus I ke siklus II rata-rata pemahaman konsep meningkat sebanyak 6,75%, sehingga rata-ratanya menjadi 82,62. Dengan demikian pembelajaran model JIGSAW pada materi dinamika litosfer dan pedosfer dapat diterapkan dikelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah ...