METABASA
Vol 2, No 1 (2020)

PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA PADA PROSES PENTAS DRAMA KELILING TAHUNAN DI UKM TEATER 28 UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA

Adita Widara Putra (Universitas Siliwangi)
Jojo Nuryanto (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Abstrak Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pendidikan karakter sebagai manifestasi dari proses pelaksnaan program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Siliwangi. Sebagai unit kegiatan mahasiswa, Teater 28 memiliki program kerja utama yakni mementaskan pertunjukan drama pada kota-kota yang tersebar di Indonesia secara bergantian. Tajuk pertunjukan dalam kurun waktu lima (5) tahun terakhir selalu lintas provinsi. Dimensi pendidikan karakter yang dideskripsikan merupakan wujud pendidikan karakter yang menyasar pada karakter kerja meliputi (1) wujud kerja sama; (2) wujud sikap dan perilaku baik; (3) wujud semangat mengembangkan potensi diri; dan (4) wujud sikap optimis. Hasil penelitian menunjukkan proses perwujudan program utama UKM Teater 28 Universitas Siliwangi dapat membina dan mengembangkan keempat dimensi karakter kerja. Hal tersebut tercermin dari pokok-pokok proses yang terdiri atas (1) Penentuan dan penyusunan tim manajemen; (2) Penentuan kerabat produksi; (3) Pelaksanaan proses latihan; (4) Pematangan produk pementasan dan manajemen; dan (5) Evaluasi pelaksanaan program.Kata Kunci: Pengembangan karakter, Pendidikan karakter, Organisasi mahasiswa, Teater, Pertunjukan drama.Abstract This article aims to describe the form of character education as a manifestation of the process of implementing the work program of the UKM Theater 28 at Siliwangi University. As a student activity unit, Theater 28 has a main work program that is staging drama performances in cities that are spread in Indonesia in turn. Headings for the past five (5) years have always been cross-province. The dimension of character education described is a form of character education targeting work characters including (1) the form of cooperation; (2) good attitudes and behaviors; (3) the spirit of developing self-potential; and (4) optimism. The results of the research show that the process of realizing the main program of UKM Theater 28 Siliwangi University can foster and develop the four dimensions of work character. This is reflected in the main points of the process consisting of (1) Determination and preparation of the management team; (2) Determination of production relatives; (3) Implementation of the training process; (4) Maturing of staging and management products; and (5) Evaluation of program implementation. Keywords: Character development, Character education, Student organizations, Theater, Drama performances.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mbsi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini merupakan jurnal yang mengkaji masalah ilmu-ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang meliputi: Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia Bidang Pendidikan Sastra Indonesia Bidang Kebahasaan Indonesia Bidang Kesastraan ...