MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2020)

IMPLEMENTASI TEORI TANGGA DAN TEORI JALAN DALAM MEMBERIKAN PAHAM PENALARAN PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-HASAN CIPARI

Malihatul 'azizah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar)
Muhamad Fatih Lutfan (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar)
Laely Fauziah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar)
Arinal Farihah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana bisa memberikan pemahaman kepada anak didik sehingga anak didik mampu membangun pemikirannya sesuai usianya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana seorang Guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada tingkat Sekolah Dasar atau MI, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah pendidik matematika MI, kepala sekolah, dan anak didik kelas II MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan yang dilakukan di dalam kelas II dan lingkungan sekitar; meliputi proses pembelajaran matematika di MI Al-Hasan Mulyadadi Cipari. Teknik pengumpulan data lainnya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah menggunakan triangulasi Data. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran matematika menggunakan teori jalan dan teori tangga telah dilakasanakan. Pada pelaksanaannya teori jalan bisa dilakukan dengan membuat tabel perkalian; mendesain pembelajaran dengan menekankan hafalan dan pemahaman kepada angka sehingga tidak terjadi pengulangan; teori tangga pengulangan kembali jika teori/materi sebelumnya ada yang belum dipahami oleh anak didik. Setelah melakukan teori tangga Guru melakukan evaluasi dengan tanya jawab setiap harinya dan menekankan pada nilai angka perkalian yang sulit untuk dihafalkan oleh anak didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...