MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2020)

PERMAINAN TRADISIONAL ENGRANG DARI PROVINSI BANTEN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI PESERTA DIDIK MI/SD DI INDONESIA

Ananda Bella Pratiwi (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Anis Fuadah Z (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Permainan tradisional dari provinsi Banten dan pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD di Indonesia serta memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat permainan tradisonal khususnya engrang dalam pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD. Topik ini dilatarbelakangi oleh peristiwa dimana peserta didik lebih tertarik pada permainan modern berbasis teknologi canggih seperti game online, akibatnya banyak permainan tradisional yang mulai dilupakan oleh anak-anak bahkan terkesan asing untuk didengar. Selain itu juga permainan modern dapat menimbulkan efek kecanduan sehingga berpengaruh pada perilaku dan karakter peserta didik. Padahal diusia SD/MI adalah waktu yang tepat untuk anak dalam membentuk karakter mereka. Untuk itu, melalui permainan tradisional diharapkan dapat menjadi upaya dalam membentuk karakter peserta didik. Jurnal ini ditulis berdasar pada studi pustaka untuk menjelaskan bahwa permainan tradisional tidak hanya dapat mendorong peseta didik dalam berinteraksi social sesame teman tetapi sesuai dengan judul diatas bahwa karakter peserta didik dalam mengahargai prestasi juga dapat dibentuk melalui permainan tradisional. Untuk itu, permainan tradisional memiliki peran penting pembentukan karakter peserta didik seperti menghargai budaya Indonesia, sebab perilaku tersebut sudah menjadi prestasi bagi peserta didik dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...