Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 2, No 1 (2020): Metaedukasi

PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA

Ristinawati, Etik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi animalia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Cikijing, sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 322 orang. Sampil diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrument hasil belajar berupa pilihan majemuk berjumlah 28 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA dengan α 0,05. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji ANCOVA diperoleh signifikansi corrected model sebesar 0,000 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas X IPA SMA Negeri 1 Cikijing, tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...