Abstrak Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak pada kelompok BI yang berjumlah 26 siswa dan dua orang guru yang ada di kelas. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan media flanel book. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media flanel book, Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawncara dan dokumentasi. Alat yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan alat dokumentasi berupa foto. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam menyebutkan dan mengenal angka 1-10(siklus I 26,9%,siklus II 53,8%, siklus III 76,9%),mengenal konsep bilangan 1-10 (siklus I 23%, 53,8%, siklus III 80,7%), mengenal berbagai macam warna(siklus I 38,4%,siklus II 69,2%, siklus III 88,4%), mengenal berbagai macam bentuk geometri(siklus I 23%, siklus II 42,3 %, siklus III80,7%), membedakan banyak, sedikit, besar dan kecil (siklus I 23%, siklus II 53,8%, siklus III 80,7%).Terlihat tercapainya persentase keberhasilan anak meningkat sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Media flanel book
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020