JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 2 (2020): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Mengajar Guru MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Khaeruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah tergantung dari kepala sekolah dalam mengelola segenap komponen-komponen serta unsur-unsur yang ada didalamnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjamin keberhasilan pendidikan di sekolah yaitu kegiatan supervisi. Fenomena Guru di MAN 1 Dompu belum melaksanakan pekerjaan atau tugasnya secara optimal yang pada akhirnya berakibat terhadap prestasi kerja yang diperoleh. Hal ini banyak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya peran kepala sekolah dalam memberikan dorongan serta kiat-kiat untuk peningkatan kinerja personil khususnya guru, masalah yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru di MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020. data penelitian ini diperoleh melalui metode penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus koefisien korelasi product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai dari hasil penelitian atau r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (rhit > r tab) yaitu (0.524 > 0.304) yang berarti Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah “terdapat Hubungan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Mengajar Guru Di MAN 1 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...