EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik

Septi Nurjanah (Unknown)
Nurilatul Rahma Yahdiyani (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam membina dan membentuk karakter seseorang. Salah satu tujuan dari pendidikan agama Islam adalah untuk membentuk individu yang memiliki karakter mulia sehingga mereka dapat meningkatkan iman dan pengabdian mereka kepada Allah SWT. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam mengajar para pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam metode pembelajaran dan mengetahui metode pembelajaran akidah akhlak yang tepat dalam meningkatkan pemahaman dan karakter siswa karena metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hal itu akan mempengaruhi pemahaman dan karakter siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan referensi yang digunakan dalam bentuk buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran akidah akhlak yang tepat dalam meningkatkan pemahaman dan karakter siswa adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode tutor sebaya, dan metode Team Quiz.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...