Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas III SDN Ambelang

Norma, Norma ( FKIP UNTAD)
Saneba, Bonifasius (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2014

Abstract

Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas III SDN Ambelang. Tujuan penelitian untuk mengetahui melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas III SDN Ambelang. Metode belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tanya jawab. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data melalui teknik pemberian tes, wawancara, observasi dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu penerapan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas III SDN Ambelang. Saran para guru untuk menggunakan hasil penelitian ini dengan baik dan dijadikan motivasi agar mampu melakukan penelitian tindakan kelas. Kata Kunci: Motivasi Belajar, PKn, Metode Tanya Jawab

Copyrights © 2014