Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 4 No 1 (2020): Vol.4,No.1,2020

Implementasi core value di sheraton bali kuta resort

I Nyoman Ari Wijaya (Universitas Udayana)
Agung Sri Sulistyawati (Universitas Udayana)
I Nyoman Jamin Ariana (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Abstrak Latar belakang penelitian ini bermula pada nilai dalam perusahaan Marriott yang dilaksanakan semua karyawan sebagai pedoman dalam bekerja yakni core value Marriott. Core value Marriott ialah nilai inti perusahaan Marriott dalam menjalankan bisnisnya. Namun core value Marriott ini belum sepenuhnya dilaksanakan oleh karyawan, bahkan karyawan ada yang belum hafal dengan core value Marriott. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi dan persepsi karyawan terhadap core value di Sheraton Bali Kuta Resort. Jenis data penelitian ini ialah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Teknik penentuan sampel yakni propotional stratified random sampling disertai dengan simple random sampling. Hasil implementasi core value ialah implementasi put people first terkait program take care, job opportunity, sarana dan prasarana kesejahteraan, dan asuransi bagi associate. Implementasi persue excellence terkait program pelatihan pengembangan karir dan skill, cross training, dan associate award. Implementasi embrance change terkait pelatihan dan sosialisasi perubahan jaman serta perkembangan teknologi. Implementasi act with integrity terkait see something, say something. Implementasi serve our world terkait kontribusi terhadap alam dan lingkungan masyarakat sekitar. Persepsi karyawan terhadap core value di Sheraton Bali Kuta Resort ialah core value put people first yaitu 3,42 berkategori setuju, core value persue excellence yakni 4,2 berkategori setuju, core value embrance change ialah 4,29 berkategori sangat setuju, core value act with integrity ialah 4,14 berkategori setuju, dan core value serve our world yaitu 4,03 berkategori setuju. Perolehan persepsi associate atau karyawan terkait core value keseluruhan yaitu 4,016 berkategori setuju. Saran pada penelitian ialah manajemen Sheraton Bali Kuta Resort senantiasa rutin sosialisasi terkait core value Marriott. Kata kunci : Nilai, Implementasi, Persepsi dan Core Value.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...