At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Vol 11 No 1 (2019): Vol. 11 No. 1 Tahun 2019

PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WRITING TEKS DESCRIPTIVE

Halim, Fauziatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Di MTs Negeri Langsa banyak siswa kelas VII yang merasa kesulitan dalam menulis teks monolog berbentuk deskriptif. Ini disebabkan karena sedikitnya kosakata yang dihafal dan dimengerti maknanya serta kurangnya penguasaan tata bahasa atau grammar. Hal ini terjadi karena kebanyakan siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris, karena menganggap Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik.. tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa  kelas VII.1 MTsN Langsa dalam menulis teks descriptive. Metodologi yang digunakan menggunaka penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya siswa kelas VII.I MTsN Langsa. Hasil pengamatan selama penelitian, menunjukkan bahwa siswa nampak antusias begitu metode mind mapping diperkenalkan hingga diterapkan untuk menulis. Waktu mengerjakan tugaspun, semua dapat mengumpulkan tugas. Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 39 %, pada Siklus II sebesar 100 %,. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru Bahasa Inggris MTs menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran aspek writing maupun aspek-aspek pembelajaran yang lain. Selain dapat menumbuhkan kreatifitas dan menarik, metode ini juga memuat berbagai metode dan dapat memunculkan ide.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan ...