Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Perhatian Siswa Kelas V SDN 2 Salakan Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Diskusi

Natalia Amu, Tirsa Debby ( FKIP UNTAD)
Hasdin, Jamaludin (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan perhatian siswa pada pembelajaran PKn di kelas VB SDN 2 Salakan, dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas tiga siklus. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi, penilaian afektif dan psikomotor untuk mengetahui tingkat perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hasil analisis hasil penilaian akhir siklus I yang merupakan gabungan dari serangkaian penilaian mulai dari lembar observasi, penilaian afektif dan psikomotor menunjukkan hasil baik. Sementara hasil yang diperoleh pada siklus II jauh lebih baik daripada hasil yang diperoleh dari siklus I. Dari hasil analisis diketahui bahwa pada siklus II tingkat perhatian siswa sangat baik. Dengan demikian, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa melalui metode diskusi dapat meningkatkan perhatian siswa kelas V SDN 2 Salakan pada mata pelajaran PKn. Saran peneliti siswa dapat lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran dan guru dapat menemukan ide – ide baru dalam proses pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Kata Kunci: Perhatian Siswa, Metode Diskusi

Copyrights © 2014