Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi

Ahadang, Abdul Rifai ( FKIP UNTAD)
Saneba, Bonifasius (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah adalah apakah dengan melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Palabatu 1.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Palabatu 1 melalui metode diskusi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Palabatu 1 yang berjumlah 20 orang siswa.Pengumpulan data melalui teknik pemberian tes, wawancara, observasi dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Pada siklus 1 banyak siswa yang tuntas 10 orang presentase ketuntasan klasikal 55%. Sedangkan Siklus II banyaknya siswa yang tuntas 19 orang, presentase ketuntasan klasikal 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode diskusi dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai saran, hendaknya para guru menggunakan berbagai metode pembelajaran secara bervariasi, salah satunya adalah metode diskusi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi, PKn

Copyrights © 2014