Bimbingan pribadi-sosial merupakan salah satu pilihan layanan dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk siswa dalam membantu menentukan dan mengembangkan dirinya secara optimal dan mandiri sesuai dengan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi-sosial untuk anak yang memiliki self-efficacyrendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial di MTs YPIA Cikeris terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Bentuk layanan bimbingan pribadi-sosial untuk mengembangkan self-efficacy yang rendah yaitu dengan metode bimbingan tidak langsung dan metode bimbingan langsung adapun materi yang disampaikannya yaitu motivasi, percaya diri, harga diri, penyesain diri dan mengontrol emosi. Hasil penelitian menunjukan siswa yang memiliki self-efficacyrendah perlahan dapat menentukan dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam lingkungan sosialnya di sekolah. Kata Kunci: Bimbingan Pribadi-Sosial, Self-efficacy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020