JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 2, No 1: April 2019

PRAKTIKUM SEBAGAI MEDIA PENERAPAN KONSEP DASAR SAINS BAGI GURU-GURU SD DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Siti Raudhatul Kamali (Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Mataram)
Surya Hadi (Program Studi Kimia Fakultas MIPA Universitas Mataram)
Mamika Ujianita Romdhini (Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Kreativitas guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran sains di tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satu metode pembelajaran sains yang bisa diterapkan pada tingkat Sekolah Dasar adalah praktikum. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman konsep dasar IPA bagi guru-guru SD di Kabupaten Lombok Tengah, mengingat beberapa orang  guru SD memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda untuk mengajar IPA. Kegiatan ini memberikan pelatihan berupa praktikum IPA bagi guru-guru SD yang bersifat sederhana, melalui tahapan praktek, diskusi, dan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan selama kegiatan berlangsung adalah evaluasi proses praktikum dan evaluasi akhir berupa laporan praktikum.  Rata-rata persentase hasil untuk semua indikator dari percobaan 1 sampai  percobaan 4 berkisar antara 74% sampai dengan 91% sedangkan rata-rata nilai praktikum berkisar antara 85 sampai 91. Kegiatan praktikum ini berjalan lancar dan peserta kegiatan antusias selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...