Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based instruction disertai media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi di kelas X MAN 2 Kota Palu. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari hasil ujian akhir atau posttest di kelas eksperimen yang menggunakan model problem based instruction disertai media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi dengan desain penelitian yaitu non equivalent control desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Palu dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 1 (n=27) sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 (n=27) sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes esai. Analisis data menggunakan uji signifikansi (t dua pihak). Hasil uji statistik menunjukan bahwa ada pengaruh model problem based instruction disertai media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi di kelas X MAN 2 Kota Palu.
Copyrights © 2020