Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Motif dan Kepuasan Masyarakat Surabaya Dalam Mengakses Website IDN Times

Sondak, Carolina Rebeka (Unknown)
Hadi, Ido Prijana (Unknown)
Wijayanti, Chory Angela (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan masyarakat Surabaya dalam mengakses website IDN Times. Website IDN Times merupakan website yang berdiri sejak 8 Juni 2014 dengan tagline ‘The Voice of Millennials and Gen Z’ dimana segmentasinya merupakan anak milenial sekitar usia 18-24 tahun. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu dunia maya, pelampiasan sosial dan emosional, pengetahuan informasi dan lingkungan sekitar, serta menghabiskan waktu dan kebiasaan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan yang tertinggi adalah indikator pengetahuan informasi dan lingkungan sekitar. Sedangkan yang terendah adalah pada indikator dunia maya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...