Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Channel Calon Sarjana di YouTube

Liem Jessica Theresa Wirawan (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Lady Joanne Tjahyana (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Agusly Irawan Aritonang (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton channel Calon Sarjana di YouTube, dimana channel Calon Sarjana merupakan satu-satunya channel YouTube yang tidak dibuat oleh public figure bahkan tidak ada yang tau siapa yang membuat channel tersebut tetapi berhasil menduduki Top 5 dengan subscriber terbanyak di Indonesia. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan.Metode dalam penelitian ini adalah survei, dengan jenis penelitian deskriptif, eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, uji korelasi, uji-T berpasangan, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator-indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif tertinggi adalah pada indikator Mencari Informasi. Sedangkan selisih terbesar terletak pada indikator Hubungan Antar Pribadi. Hasil secara keseluruhan dapat dilihat dengan total mean GS – total mean GO, dan dapat dinyatakan bahwa subscriber channel Calon Sarjana mendapatkan kepuasan dalam menonton channel Calon Sarjana di YouTube.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...