Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2020)

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Kertiari, Luh Putu (Unknown)
Bayu, Gede Wira (Unknown)
Sumantri, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini dapat dikatakan kurang efektif, Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya penerapan model pembelajaran inovatif yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 48 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes yaitu dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen 21 termasuk kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 12,46 termasuk kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,53 dan ttabel dengan db = 46 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media kartu gambar dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan guru dalam merancang proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...