Gema Pendidikan
Vol 27, No 2 (2020): Juli, Gema Pendidikan

PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA

Firdayanti Rukmana (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo)
Albert Tigor Arifyanto (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)
Abas Rudin (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Perilaku Melalui Teknik Sosiodrama Terhadap Kemampuan Manajemen Konflik Siswa SMAN 1 Tanggetada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok perilaku melalui teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan menejemen konflik siswa SMAN 1 Tanggetada. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa. Penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan evaluasi pra-eksperimen dengan desain satu kelompok pre test dan post test . Metode pengumpulan data menggunakan angket kemampuan mengelola konflik. Metoda analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank . Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig. 0,043 <nilai 0,05, ini berarti H0 ditolak Dan H a diterima. Peningkatan manajemen konflik pada subjek penelitian meningkat sebesar 39%, menantang bahwa layanan konseling kelompok perilaku melalui teknik sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan manajemen konflik siswa SMAN 1 Tanggetada. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...