JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar)
Vol 3 No 1 (2020)

Strategi Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Pembelajaran Bermain Peran Pada Siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 5 Kota Bengkulu

Wurjinem Wurjinem (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perilaku asertif dengan menggunakan bermain peran. Penelitian ini  dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 5 Kota Bengkulu dengan subyek  18 0rang usia 6-7 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelasyang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis Mc Taggart,dimana kegiatan satu siklus terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan,  pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus.  Satu siklus terdiri dari 4 tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang  dipersentasekan, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan langkah (1) reduksi data (2) display data, (3) vrifikasi data.Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perilaku asertif dengan menggunakan bimbingan sosial kelompok. Hal ini dapat dibuktikan pada awal asesmen (pre test) diperoleh rata-rata skor perilaku asertif 18 anak sebesar 66,60 %, kemudian rata-rata skor  perilaku asertif pada siklus I sebesar 73,24 % dan rata-rata skor perilaku asertif anak pada siklus II sebesar 81,81 %. Dengan demikian peningkatan secara keseluruhan perilaku asertif anak pada siklus II terhadap perilaku asertif sebelum penelitian adalah sebesar 22,81 %. Implikasi dari temuan penelitian, hendaknya guru lebih cermat dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan perilaku asertif anak. Dengan demikian dapat dikemukakan saran kepada guru SD Negeri 5 Kota Bengkulu dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat menggunakan metode bermain peran sebagai salah satu metode yang dapat memotivasi perilaku asertif anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juridikdasunib

Publisher

Subject

Education

Description

JURIDIKDAS (Basic Education Research Journal) published by PGSD Study Program FKIP Bengkulu University. Published articles are articles from research on basic education, which are related to the learning process in elementary school, management of basic education, as well as the process of preparing ...