This community service aims to measure the level of satisfaction of inpatients in the Tarakan Region General Hospital, Jakarta based on the assessment of satisfaction instruments distributed in the form of questionnaire sheets to 218 inpatients from all rooms. Components assessed in this satisfaction instrument include 5 dimensions, consisting of Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy. The evaluation results of this instrument showed a satisfaction index of 81% for Tangibles, 82.7% for Reliability, 78.8% for Responsiveness, 84% for Assurance, and 80.9% for Empathy. In general, the majority of inpatients are satisfied with the quality of services provided by the Tarakan Regional General Hospital, Jakarta.ABSTRAK:Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan, memiliki tanggung jawab dalam memberikan layanan kesehatan yang bersifat perorangan secara paripurna, seperti layanan rawat inap. Keberadaan dan keberlangsungan usaha suatu rumah sakit sangat ditentukan oleh tingkat kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Layanan suatu rumah sakit dianggap baik, tidak hanya dinilai dari kelengkapan fasilitas yang disediakan, melainkan juga tergantung dari sikap dari sumber daya manusia yang terlibat dalam layanan kesehatan tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat-inap Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Jakarta berdasarkan penilaian instrumen kepuasan yang didistribusikan berupa lembar kuesioner kepada 218 pasien rawat-inap dari seluruh ruangan. Komponen yang dinilai dalam instrumen kepuasan ini meliputi 5 dimensi yang terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Hasil evaluasi instrumen ini menunjukkan indeks kepuasan 81% untuk Tangibles, 82,7% untuk Reliability, 78,8% untuk Responsiveness, 84% untuk untuk Assurance, serta 80.9% untuk Empathy. Secara umum, sebagian besar pasien rawat-inap puas atas kualitas layanan yang diberikan Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Jakarta.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018