Memperoleh pendidikan yang layak bagi setiap anak merupakan kewajiban orangtua, begitu juga halnya dengan anak dalam keluarga nelayan Laweung di Kabupaten Pidie, antara lain terhadap kebutuhan penyediaan finansial dan sarana bagi pendidikan anak serta perhatian dalam bimbingan dan pembinaan rumah tangga. Penelitian ini berusaha menemukan peranan keluarga nelayan Laweung terhadap pendidikan khususnya pada anak usia SMP di Laweung Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya , peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket, baik dengan tokoh masyarakat nelayan Laweung Kabupaten Pidie maupun dengan orang tua siswa, serta dengan siswa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum perhatian orang tua dalam keluarga nelayan Laweung terhadap pendidikan anak khususnya dalam hal penyediaan sarana dan prasarana sudah dilakukan dengan baik, anak selalu diingatkan untuk pergi ke sekolah, selalu menasihati dan membimbingnya, membiasakan disiplin, selalu menegur anak jika ada kesalahan yang mereka lakukan, komunikasi yang harmonis dengan anak.
Copyrights © 2015