Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD NEGERI 18 KENDARI MATERI KEBANGGAAN SEBAGAI ANAK BANGSA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Sultan, Sultan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

ABSTRAK: Masalah pkok penelitian ini adalah Bagaiamana upaya dan minat meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas III SDN 18 Kendari tentang kebanggaan sebagai anak Indonesia melalui model pembelajaran langsung (model direct instruction) tahun pelajaran 2015/2016?Model Direct Instruction terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis kreatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: siklus I studi PKn siswa mencapai 66,67%, perolehan pos test adalah 55,17%. Siklus II PKn siswa mencapai 76,19% sedangkan post testnya 62,07%. Hasil yang diperoleh telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan pada awal penelitian. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa model langsung dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 18 Kendari. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Langsung

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...