Jurnal Amal Pendidikan
Vol 1, No 1 (2020): Edisi April 2020

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar

Dedhy Setyadi (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)
La Masi (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)
Salim Salim (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)
Kadir Kadir (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif di kelas VIIIB SMP Negeri 5 Kendari pada bulan April–Mei 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Kendari tahun ajaran 2017/2018 yang diambil secara purposive sampling. Subjek Wawancara dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang dipilih dengan kriteria 2 siswa pada masing-masing tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian instrumen berbentuk angket gaya belajar, tes uraian, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan tahap pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kinestetik memiliki nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis lebih tinggi daripada siswa visual dan auditorial

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...