Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics

KONSEP PENDIDIKAN DAN KEBEBASAN ANAK PUNK STREET

Siti Nurul Hidayah (Unknown)
Bela Fariza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri anak punk street dalam mengintrepretasikan antara pendidikan dan kebebasan. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui konsep diri anak punk street. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan paradigma interpretatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri anak punk street dalam segi pendidikan adalah hanya bayang-bayang, yang mana adanya keterbatasan ekonomi membuat mereka menghilangkan keinginan untuk melanjutkan pendidikan dan lebih memilih kebebasan hidup dijalan dengan mengamen dan mendapatkan uang. Sedangkan dalam segi kebebasan adalah merupakan kehidupan mereka, kebebasan bagi anak punk street merupakan ideologi mereka sebagai jalan untuk mengenalkan jati diri kepada masyarakat, dengan menggunakan style punk, hidup di jalan, dengan mengamen merupakan kebebasan bagi anak punk street. Kata kunci: Konsep Diri, Pendidikan, Kebebasan, Anak Punk Street

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...