Journal of English Language Teaching
Vol 1, No 1 (2012): Serie B

Implementing the Scaffolding Strategy in Teaching Writing an Expository Text

Reski Oktaviani (English Language Education FBS UNP Padang)
Saunir Saun (English Department FBS UNP Padang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2012

Abstract

Banyak masalah yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menulis, diantaranya terkait dengan pengelolaan ide dan bagaimana mengembangkannya. Makalah ini membahas tentang penerapan strategy scaffolding dalam menulis teks expository dengan memberikan bantuan melalui interaksi guru dan siswa melalui pertanyaan dan pemberian informasi yang akan membantu siswa berfikir, menyediakan petunjuk yang jelas, penjelasan tujuan teks, umpan balik serta media. Kemudian guru secara bertahap mengurangi bantuan tersebut. Salah satu manfaat dari strategi Scaffolding adalah membangun kepercayaan diri siswa dalam menulis. Dengan menggunakan strategi ini guru bisa menemukan apa yang menjadi kendala dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...