Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 9, No 1 (2019)

MODEL PEMBINAAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Rosidah Rosidah (UIN Mataram)
Erni Munastiwi (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian  ini  membahas  bagaimana  model  pembinaan  guru  dalam  implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif,  data  diperoleh  dari  observasi,  dokumentasi  dan  interview.  Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: bagaimana model pembinaan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Sebagaimana kita ketahui bahwa kurikulum 2013 ini sangat menuntut guru dalam hal kretivitas,  kemampuan  serta  motivasi  yang  tinggi,  disebabkan  karena  kurikulum  ini model pembelajarannya tematik terpadu, disamping itu penilaian dalam kurikulum 2013 ini menggunakan aplikasi (IT), sehingga benar-benar menuntut guru untuk mampu dari segala   segi   dalam   mengimplementasikannya   sesuai   prosedur   yang   dikeluarkan pemerintah. Pembinaan di MIN Tempel dilakukan dengan beberapa latihan atau diklat yang diselenggarakan oleh bimtek Kemenag yang diikuti oleh seluruh guru MI secara   bergantian   selama   periode   2013-2014.   Juga   ada   pelatihan   yang dilaksanakan oleh balai diklat Semarang LPMP dua kali dalam setahun, dan juga dengan mengundang nara sumber pakar pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...