Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 8, No 2 (2018)

TOTAL QUALITY MANAGEMENT; KONSEP DAN STRATEGI IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM

Aziza Meria (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dan semakin variatif kebutuhan maka membutuhkan terhadap tenaga terampil untuk pengeloolaan pemenuhan kebutuhan tersebut. Lahirnya tenaga terampil tersebut tidak lain melalui lembaga pendidikan. Dengan demikian peningkatan kualitas pendidikan juga menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan beralih kepada paradigma baru manajemen pendidikan yakni, implementasi Total Quality Management in Islamic Education. Strategi penerapan yang praktis dan logis memungkinkan konsep ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan Dasar Islam. Langah strategis penerapannya adalah sebagai berikut; merumuskan tujuan yang konstan untuk perbaikan dalam produk dan layanan, gunakan filosofis baru, berhenti menggunakan pengawasan publik, tingkatkan terus kualitas layanan dan produk, lakukan on the job training, manajemen bertugas memimpin bukan mengawasi, ciptakan iklim kerja yang nyaman, utamakan teamwork,kurangi selogan, nasehat, target dan permintaan untuk peningkatan prokdutivitas baru tanpa adanya arahan, kurangi standarisasi pekerjaan dengan indikator angka numerik, hindari kebiasaan penilaian terhadap prestasi pegawai karena bertentangan dengan prinsip teamwork, lembagakan pendidikan dan pelatihan kepegawai, posisikan setiap orang dalam institusi untuk bekerja dan melaksanakan transformasi. Selanjutnya pengembangan pendidikan islam hapat dilakukan dengan pendekatan bisnis yang bermoral, yaitu pendekatan yang pada intinya membangun dengan kekuatan sendiri yang diajukan untuk kepentingan bersama.  

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...