Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 1 (2017)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ELEKTROKIMIA SMA DENGAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK

Anik Widarti (Universitas Negeri Malang)
Subandi Subandi (Universitas Negeri Malang)
Munzil Munzil (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji perbedaan: pemahaman konseptual dan algoritmik siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing (sebagai kelompok eksperimen) dengan strategi verifikasi (sebagai kelompok kontrol). Pembelajaran pada kedua kelas dibantu dengan multimedia. Data hasil belajar kognitif menggunakan tes objektif. Teknik analisis data melalui uji beda (uji t), α = 5 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tingkat pemahaman konseptual siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing (rerata skor 59,06) lebih tinggi dibanding siswayang dibelajarkan dengan strategi verifikasi (rerata skor 36,27), (2) tingkat pemahaman algoritmik siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing (rerata skor 72,38) lebih tinggi dibanding siswa yang dibelajarkan dengan strategi verifikasi (rerata skor 44,36).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...