Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 2 (2017)

IDENTIFIKASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MAHASISWA CALON GURU IPA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2016 MELALUI KEGIATAN KULIAH PRAKTIK LAPANGAN (KPL) BERBASIS LESSON STUDY

Erni Yulianti (Universitas Negeri Malang)
Novida Pratiwi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan antara pemahaman materi (content knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang harus dimiliki oleh guru. Untuk menyiapkan kemampuan pedagogik dan profesional mahasiswa calon guru IPA maka prodi IPA FMIPA UM menerapkan KPL (Kuliah Praktik Lapangan) berbasis lesson study. Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru IPA. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil observasi kompetensi PCK mahasiswa yang meliputi kemampuan dalam merancang pembelajaran, kemampuan dalam mengelola pembelajaran, kemampuan dalam penguasaan materi, dan kemampuan umum PCK mahasiswa calon guru IPA. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kompetensi PCK mahasiswa calon guru IPA. Persentase kemampuan mahasiswa calon guru IPA FMIPA UM dalam membuat perencanaan pembelajaran, kemampuan dalam mengelola pembelajaran, penguasaan konten (kemampuan profesional), dan total persentase PCK (Pedagogical Content Knowledge) mahasiswa calon guru,secara berturut-turut adalah 88,78%, 85,66%, 86,90%, dan 87,15%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...