Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 3, No 1 (2019)

KOHERENSI PROGRAM PEMBELAJARAN KARYA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU FISIKA TAHUN 2017

Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Negeri Malang)
Sulur Sulur (Universitas Negeri Malang)
Endang Purwaningsih (Universitas Negeri Malang)
Agus Suyudi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Guru sebagai pelaksana kurikulum pendidikan nasional dituntut mampu mengembangkan program pembelajaran yang mengemban amanat kurikulum. Program pembelajaran seharusnya memuat secara rinci dua komponen utama yaitu kegiatan belajar siswa dan hasil belajar yang harus dicapainya. Kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan program pembelajaran dimaknai sebagai kemampuan menghasilkan variasi program pembelajaran yang selaras dengan kurikulum nasional. Koherensi dari suatu program pembelajaran menjadi ukuran utama atas keselarasan atau ketaatan asas dari program pembelajaran tersebut terhadap misi kurikulum pendidikan nasional. Analisis terhadap program pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa peserta pendidikan profesi guru fisika tahun 2017 menunjukkan tingkat koherensi yang masih sangat rendah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...