Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 2 (2017)

PENGARUH COLLABORATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK JUMPING TASK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Bambang Anwar (Prodi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Munzil Munzil (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Arif Hidayat (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh collaborative learning dengan teknik jumping task terhadap keterampilan berpikir kritis dan  hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Malang. Sampel dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling untuk belajar menggunakan collaborative learning dengan teknik jumping task. Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan tes uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar menggunakan collaborative learning  dengan teknik jumping task  dan siswa yang belajar menggunakan collaborative learning. Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan colaborative learning lebih rendah dari pada siswa yang belajar menggunakan collaborative learning dengan teknik jumping task, hal ini disebabkan oleh penggunaan teknik jumping task yang meningkatkan kegiatan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah bersama.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...