Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 1, No 1 (2017)

PENGARUH SIMULASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IMPULS-MOMENTUM SISWA SMA

Ida Kaniawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep fisika yang bersifat abstrak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep momentum dan impuls pada siswa SMA dengan bantuan komputer. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental  dengan desain one group pretest posttest. Sebanyak 36 siswa kelas XI IPA di salah satu SMA negeri di Kota Bandung menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Setelah menggunakan simulasi komputer pada pembelajaran fisika, penguasaan konsep momentum dan impuls siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan gain ternormalisasi sebesar 0,61 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...