Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 2, No 2 (2018)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS SISWA SMP MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Siti Khoirun Ervin Novanti (Universitas Negeri Malang)
Erni Yulianti (Universitas Negeri Malang)
Vita Ria Mustikasari (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelit­­ian ini adalah menghasilkan instrument tes literasi sains siswa SMP materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang valid dan reliabel. Instrumen tes literasi sains yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dalam bentuk wacana sains yang mengacu pada indikator tingkatan literasi sains PISA (level 1-5) materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Wacana soal dalam instrumen literasi sains yang dikembangkan merupakan modifikasi rumusan wacana A-G strategy. Hasil validasi instrumen tes literasi sains diperoleh skor rata-rata sebesar 94,6% dengan kriteria sangat layak. Subjek uji empiris sebanyak 98 siswa kelas VIII SMP. Hasil uji empiris diperoleh 21 soal valid dengan reliabilitas sebesar 0,829 dengan kategori sangat tinggi. Jumlah soal yang dihasilkan berdasarkan indikator tingkatan literasi sains level 1 sebanyak 4 soal (19%), level 2 sebanyak 4 soal (19%), level 3 sebanyak 4 soal (19%), level 4 sebanyak 4 soal (19%), dan level 5 sebanyak 5 soal (24%). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan instrumen tes literasi sains siswa SMP materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang valid dan reliabel.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...