Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2020): Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMP SAN CARLOS HABI

Servasius Sati (Universitas Nusa Nipa)
Mansur S (Universitas Nusa Nipa)
Rofinus Galis (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP San Carlos Habi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi dengan jumlah siswa 21 orang. Metode pengumpulan data meliputi hasil belajar siswa berupa data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 21 orang. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas meningkat dari siklus I 69,44% menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spizaetus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Other

Description

Jurnal ini fokus pada bidang kajian biologi sains dan pendidikan biologi. Kami menerima artikel berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang original dan belum pernah ...