Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): November

Pengembangan Instrumen Tes Pemahaman Konsep Hukum Gravitasi Universal

Rian Priyadi (Jurusan Fisika, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5, Malang, 65145, Indonesia)
Krisna Suryanti (Jurusan Fisika, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Limau Manis, Padang, 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Saat ini, ada banyak penelitian yang mengembangkan instrumen evaluasi pemahaman konsep siswa dalam bidang fisika. Semakin banyak ketersediaan instrumen tes yang terpublikasikan maka akan mempermudah peneliti lain untuk mengkaji lebih dalam tingkat pemahaman konsep siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes pemahaman siswa yang digunakan sebagai alternatif lain dalam upaya mendiagnosis pemahaman konsep siswa. Metodologi dalam pengembangan ini menggunakan tiga tahapan yang meliputi self-evaluation, prototyping, dan filed test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 soal valid dengan tingkat reliabilitas sebesar 0.708. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...