Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan fisika. Sebagai calon guru fisika, idealnya mahasiswa fisika telah siap dan memiliki pemahaman konsep fisika yang mewadahi. Beberapa peneliti sebelumnya berasumsi bahwa fisika merupakan salah satu materi yang tergolong sukar dipahami karena banyak menggunakan notasi matematis. Sehingga banyak mahasiswa fisika yang terindikasi miskonsepsi. Penelitian ini berfokus pada penguasaan konsep osilasi pegas-massa yang memiliki beberapa persamaan matematis. Penelitian ini menggunakan soal jenis three tier-test. Metode analisis miskonsepsi pada penelitian ini menggunakan Certainty of Response Index. Penelitian ini dilakukan pada 23 mahasiswa pendidikan fisika secara langsung. Hasil analisis menunjukkan sebanyak 30,43% mahasiswa mengalami miskonsepsi. Hal ini dikategorikan sebagai miskonsepsi tingkat sedang. Terjadinya miskonsepsi pada penelitian ini diakibatkan penguasaan konsep yang belum benar sehingga mahasiswa tidak konsisten dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan.
Copyrights © 2017