Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2017): November

Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus

Yuli Maulidya Pratiwi (Unknown)
Agus Suyudi (Unknown)
Zulmasula Zulmasula (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan persoalan gerak lurus. Penelitian dilakukan pada 87 siswa SMA kelas X MIA yang telah menempuh materi gerak lurus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dengan instrumen berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 butir. Hasil tes menunjukkan bahwa skor rata – rata siswa adalah 60,07. Kesulitan yang sering terjadi pada siswa yaitu dalam menyelesaikan persoalan mengenai grafik hubungan jarak dengan waktu dan grafik hubungan kecepatan dengan waktu, peristiwa yang terjadi jika sebuah benda mengalami perlambatan atau percepatan, serta konsep kerangka acuan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam mengatasi kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan persoalan gerak lurus.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...