Penelitian ini terfokus pada implementasi model REACT yang dikombinasikan dengan diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika siswa khususnya dalam materi hukum Newton tentang gravitasi. TujuanĀ penelitian ialah untuk mengkaji seberapa berpengaruh model ini terhadap prestasi belajar fisika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design, terdiri dari satu kelas eksperimen (N = 28) dan satu kelas kontrol (N = 28) sebagai pembanding. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT-strategi diagram Vee dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Berdarkan proses pembelajaran, diketahui bahwa siswa kelas eksperimen mampu belajar secara mandiri dan mampu mengonstruksi pengetahuannya sendiri. Melalui hasil analisis uji-T (one tail) diperoleh thitung > ttabel (0.4477 > 0.2632), artinya siswa yang belajar dengan model REACT-strategi diagram Vee memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2019