Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): November

Dampak Penerapan REACT-Strategi Diagram Vee terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Materi Hukum Newton tentang Gravitasi

Nur Diana Rosyidah (Universitas Negeri Malang)
Asim Asim (Universitas Negeri Malang)
Winarto Winarto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini terfokus pada implementasi model REACT yang dikombinasikan dengan diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika siswa khususnya dalam materi hukum Newton tentang gravitasi. TujuanĀ  penelitian ialah untuk mengkaji seberapa berpengaruh model ini terhadap prestasi belajar fisika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design, terdiri dari satu kelas eksperimen (N = 28) dan satu kelas kontrol (N = 28) sebagai pembanding. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT-strategi diagram Vee dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Berdarkan proses pembelajaran, diketahui bahwa siswa kelas eksperimen mampu belajar secara mandiri dan mampu mengonstruksi pengetahuannya sendiri. Melalui hasil analisis uji-T (one tail) diperoleh thitung > ttabel (0.4477 > 0.2632), artinya siswa yang belajar dengan model REACT-strategi diagram Vee memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...