Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan, dan mengetahui keefektifan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analysis (analisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (melaksanakan), evaluation (menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa M-UKBM yang dikembangkan termasuk layak dengan nilai rata-rata dari validator sebesar 3,76 dan termasuk praktis dengan nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dari observer sebesar 96,88%, selain itu M-UKBM efektif dengan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata peningkatan gain-score siswa sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Keefektifan M-UKBM diperkuat dengan nilai effect size sebesar 3,14 yang berarti keterpengaruhan M-UKBM terhadap kemampuan pemecahan masalah sangat kuat.
Copyrights © 2019