AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan mendeskripsikan profil kesulitan siswa materi usaha dan energi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menurut tahapan pemecahan masalah Selcuk, kemampuan pemecahan masalah siswa setiap tahap, yaitu : (1) Pada tahap memahami  masalah 36.5 %. Penyebabnya siswa tidak memahami masalah yang diberikan. (2) Pada tahap merencanakan  solusi 16%. Dikarenakan siswa tidak memahami konsep yang akan digunakan. (3) Pada tahap melaksanakan rencana 11%. Salah menuliskan diketahui dan ditanyakan, mengakibatkan kesulitan dalam melaksanakan rencana yang sudah dibuat. (4) sedangkan,pada tahap memeriksa dan mengevaluasi 0%. Penyebabnya siswa kurang teliti memeriksa kelengkapan jawaban, tanda, satuan, dan nilai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017