Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Role Playing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciamis dengan metode Quasy experiment dan desain Two Group Pretest Post Test. Populasi penelitian ini adalah 298 siswa. Sampel penelitian ini diambil 2 kelas dengan sampling purposive,  yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 43 siswa sebagai kelas eksperimen pertama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas XI IPA 4 berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi dan teknik test. Aktivitas belajar siswa diuji menggunakan uji wilcoxon, dan hasil belajar kognitif siswa diuji menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t).  Hasil analisis data dari uji wilcoxon untuk aktivitas belajar siswa yaitu   < (α = 5 %) (42), (20 <  298,45). Uji hipotesis untuk hasil belajar kognitif siswa yaitu bahwa  >  (4,66 > 1,99), sehingga Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.Kata kunci : Talking Stick,  Role Playing, Aktivitas, Hasil Belajar Kognitif Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018