Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 5, No 1 (2018)

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TIPE ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Penelitian pada Sub Konsep Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI SMAN 1 Ciamis)

Purwati, Meilani (Unknown)
Toto, Toto (Unknown)
Afifi, Ruhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan Role Playing terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciamis dengan metode Quasy experiment dan desain Two Group Pretest Post Test. Populasi penelitian ini adalah 298 siswa. Sampel penelitian ini diambil 2 kelas dengan sampling purposive,  yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 43 siswa sebagai kelas eksperimen pertama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas XI IPA 4 berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi dan teknik test. Aktivitas belajar siswa diuji menggunakan uji wilcoxon, dan hasil belajar kognitif siswa diuji menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t).  Hasil analisis data dari uji wilcoxon untuk aktivitas belajar siswa yaitu   < (α = 5 %) (42), (20 <  298,45). Uji hipotesis untuk hasil belajar kognitif siswa yaitu bahwa  >  (4,66 > 1,99), sehingga Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.Kata kunci : Talking Stick,  Role Playing, Aktivitas, Hasil Belajar Kognitif Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...