JURNAL KEISLAMAN TERATEKS
Vol 4 No 2 (2019): OKTOBER

MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

JONI ISKANDAR (STAI MIFTAHUL ULUM TARATE SUMENEP)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah pembelajaran yang terjadi di kelas dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris yang dilakukan untuk siswa kelas lima. Banyak siswa kesulitan untuk mengingat atau menguasai kosakata pada waktu pembelajaran bahasa Inggris. Dengan masalah tersebut, peneliti terpanggil untuk mengatasinya dengan tindakan di kelas. Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui flashcard. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas lima semester dua Sekolah Dasar di Sumenep dan dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Data nilai pembelajaran kosa kata telah dianalisis untuk melihat kemajuan setelah tindakan diberikan dua kali. Hasil menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa-siswi meningkat. Tindakan yang diaplikasikan dengan media flashcard dalam proses belajar mengajar yang dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas lima di Sekolah Dasar Sumenep. Rata-rata nilai dari siklus pertama hingga kedua meningkat dan telah mencapai target kriteria minimum. Kesimpulan dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa Penggunaan Flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Ingrris di Sekolah Dasar. Flashcard adalah juga sebagai media pembelajaran yang baik, efektif dan menyenangkan di dalam kelas serta untuk mencapai target dalam penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa inggris.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

terateks

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Islam Terateks yang berfokus pada Ilmu keislaman berisi kajian-kajian keislaman yang meliputi pendidikan Islam, syariah, pemikiran Islam, ekonomi, dan kajian Islam lainnya. Sebagai tempat perantara dalam penulisan karya ilmiah dari peneliti, akademisi, praktisi, mahasiswa, dan dosen. Sebagai ...