Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2017): Widyagogik

MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN DAN MEDIA TEKS PENGUMUMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Sri Wahyuni (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui peningkatannya melalui model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Taruman Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Model yang digunakan adalah model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus I pemahaman siswa meningkat. dari 42% pada kondisi awal, menjadi 63,1%. Nilai rata-rata dari 61,05 menjadi 70,78. Dari 19 siswa yang tuntas pada prasiklus ada 8 siswa, pada siklus I sebanyak 12 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I. Dari 19 siswa yang tuntas ada 17 siswa. Nilai tertinggi 90, nilai terendah 65, dan nilai rata-rata 81,57. Prosentase keberhasilan klasikal 89,4%. Berdasarkan data nilai yang dicapai siswa pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

WIDYAGOGIK

Publisher

Subject

Education

Description

Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah ...