Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7, No 1 (2019): Widyagogik

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

Nuril Andini (Universitas Trunojoyo Madura)
Mimih Aminah (Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Sebelas April Sumedang)
Hani Handayani (Program Studi PGSD STKIP Sebelas April Sumedang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuasi eksperimen dengan  nonequivalent pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data tes yang berbentuk pretes dan postes. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Jatihurip tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 54.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t’ diperoleh , karena  berada di daerah penolakan , maka  ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media tangram dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Siswa yang mendapat pembelajaran dengan media tangram memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya tanpa media tangram.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WIDYAGOGIK

Publisher

Subject

Education

Description

Widyagogik, terbit dua kali setahun berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah ...