AbstrakPenulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan dengan menggunakan media audiovisual. Adapun masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana langkah-langkah guru untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran mendengarkan syair dengan menggunakan media audio visual. Untuk memecahkan masalah dan tujuan penulisan digunakan metode penulisan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penulisan ini dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran mendengarkan syair dapat meningkatkan keterampilan siswa dan menciptakan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan.Kata-kata kunci:tema, amanat, syair, media, audio visual. AbstractWriting scientific articles aims to describe learning to find themes and poetry messages that are played using audiovisual media. The problem in this writing is how the steps of the teacher to improve students' skills in learning to listen to poetry using audio visual media. To solve the problem and the purpose of writing is used a qualitative writing method that is descriptive in nature. The results of this paper can conclude that using audio visual media in learning to listen to poetry can improve students' skills and create a more pleasant classroom atmosphere.Keywords:theme, message, poetry, media, audio visual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019