JURNAL PAUD AGAPEDIA
Vol 1, No 2 (2017): Desember 2017

ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA KELOMPOK BERMAIN (PLAY GROUP) DI TK ISLAM TIRTAYASA SERANG

Atikah, Cucu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Integrated learning has not been maximally implemented by teachers in the Islamic Kindergarten of Tirtayasa. The lack of teacher creativity in applying integrated learning and low student participation are the trigger of this research. The aim of this research was to find and analyze descriptive picture about the application of integrated learning to play group in improving various aspects of development in Islamic Kindergarten Tirtayasa Serang the results showed that integrated learning is effective enough to stimulate developmental aspects in play group, because it combines the subject matter in one theme. Aspects of these developments include aspects of moral religion, motor physical, language, cognitive and art.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dilaksanakannya pembelajaran terpadu oleh guru-guru di lingkungan TK Islam Tirtayasa secara optimal. Selain itu, minimnya kreatifitas guru dalam menerapkan pembelajaran terpadu serta partisipasi siswa yang rendah sebagai pemicunya. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran secara deskriptif tentang  penerapan pembelajaran terpadu pada kelompok bermain dalam meningkatkan berbagai aspek perkembangan di TK Islam Tirtayasa Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu cukup efektif untuk menstimulus aspek-aspek perkembangan pada kelompok bermain, karena memadukan materi-materi pelajaran dalam satu tema. Aspek perkembangan tersebut meliputi aspek agama, moral, fisik motorik, bahasa, kognitif, dan seni.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

agapedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PAUD Agapedia adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil kajian dan penelitian terkait pendidikan anak usia dini dari perspektif mutidisipliner. Jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi konsep, teori, paradigma, perspektif dan metodologi dalam mengembangkan pendidikan ...