This research is based on of the lack mastery of the English vocabulary in the B1 group RA AL ISTIQOMAH Cihideung in Tasikmalaya in learning English. Low mastery of English vocabulary caused by poor English vocabulary acquisition. As one of the efforts to improve English vocabulary by using picture messaging game chain. This study uses classroom action research study design models (Kemmis and Mc Taggart), which consisted of 3 cycles. At each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation and reflection. The subjects were children RA AL ISTIQOMAH B1 group consisting of 6 boys and 5 girls. Instruments used in the form of structured observation sheet with performance indicators for each activity. Observation sheet used to assess mastery of English vocabulary by using picture messaging game chain, and to see the performance of teachers in lesson planning, implementation and use of learning games chain picture messages. From the results of the study in the first cycle, the second cycle and the third cycle there is an increase in each cycle. Based on the data that has been obtained that use serial picture messaging game can improve English vocabulary early childhood. observation and reflection.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris di kelompok B1 RA AL ISTIQOMAH Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya pada pembelajaran bahasa Inggris. Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris disebabkan oleh rendahnya pemerolehan kosakata bahasa Inggris. Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris yaitu dengan menggunakan permainan pesan gambar berantai. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model (Kemmis dan Mc Taggart), yang terdiri dari 3 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 RA AL ISTIQOMAH yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi terstruktur dengan capaian indikator pada setiap kegiatan. Lembar observasi digunakan untuk menilai penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan permainan pesan gambar berantai, dan untuk melihat kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penggunaan permainan pesan gambar berantai. Dari hasil penelitian pada siklus I, siklus II dan siklus III terdapat peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan data yang telah diperoleh bahwa penggunaan permainan pesan gambar berantai dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak usia dini.
Copyrights © 2017